Bertempat di Gedung KGGP Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Sabtu (18/12/21) Deklarasi dan Pelantikan Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kecamatan Pamarican, masa bhakti 2021-2027 sukses terlaksana.
Hadir dalam deklarasi dan pengukuhan PABPDSI Kecamatan Pamarican Camat Pamarican Drs. H. Maman Somantri, Kapolsek Pamarican IPTU Jajang Sahidin, Anggota DPRD Kabupaten Ciamis Drs. H. Wagino, Ketua APDESI Kecamatan Pamarican Subhan Hadi Suroso, Ketua PABPSI Kabupaten Ciamis Abdulah Askar, Para Ketua Forum Komunikasi BPD Eks Kewadanaan Banjarsari dan Anggota BPD se Kecamatan Pamarican.
Acara Deklarasi dan Pelantikan dimulai dengan pembukaan dan pembacaan Ayat Suci Alquran oleh anggota BPD Hamzah M. Permana, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars BPD dan Mars Ciamis dipandu oleh Paduan Suara Kartini PABPDSI Kecamatan Pamarican, Laporan Ketua Panitia disampaikan oleh Zaenal Somadin. Dilanjutkan dengan prosesi Deklarasi dan Pelantikan Pengurus sambutan-sambutan, doa dan ditutup dengan ramah tamah.
Dalam sambutannya Ketua PABPDSI Kecamatan Pamarican menyampaikan ucapan terimakasih terhadap pihak terkait terutama kepada seluruh kepala Desa Se Kecamatan Pamarican yang tergabung dalam organisasi Assosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Pamarican yang telah mendukung penuh terselenggaranya kegiatan. Hal ini menunjukan bahwa BPD dan Pemerintah Desa telah terjalin hubungan harmonis sebagaimana diamanatkan UU no 6 Tahun 2014, sehingga kedepan yakin PABPDSI dan APDESI Kecamatan Pamarican dapat memberikan gairah positif untuk pembangunan Desa yang diharapkan semua elemen. Hal ini juga menjadi visi misi Kepengurusan Pengurus Kecamtan (PK) PABPDSI Kecamatan Pamarican Kedepan.
Ketua PABPDSI Kecamatan Pamarican juga memberikan semangat kepada seluruh Anggota BPD Se- Kecamatan Pamarican Bahwasanya semua harapan perbaikan hak dan kewajiban BPD yang selama ini menjadi pembahasan hangat setiap pertemuan bulanan Ketua BPD Kecamatan Pamarican akan menjadi perjuangan utama pada kepemimpinannya.
Ditambahkan Dadang bahwa PABPDSI Kecamatan Pamarican mendorong agar Pengurus Tingkat Kabupaten Ciamis dapat meneruskan dan memperjuangjkan aspirasi Anggota BPD ke tingkat Provinsi bahkan sampai ke tingkat Pusat

“Kami berharap kepada PABPDSI Kabupaten Ciamis Aspirasi dari BPD Kecamatan Pamarican yang menjadi PR Bersama bagi Organisasi PABPDSI Kabupaten Ciamis menjadi perjuangan utama untu mengusulkan kajian UU terkait fungsi dan peran BPD serta beban biaya Kesejahteraan BPD menjadi tanggungan APBN”
Sementara itu dalam sambutan Ketua PABPDSI Kabupaten Ciamis mengucapkan selamat dan apresiasi kepada PK PABPDSI Kecamatan Pamarican, bahwasanya telah sukses dapat melaksanakan Deklasari dan Pelantikan pengurus PK PABPDSI Pamarican. Penyelenggaraan Deklarasi dan Pelantikan merupakan pionir dari kecamatan lainnya di Kabupaten Ciamis, atas semangat dan suksesnya acara ini patut menjadi contoh untuk Kecamatan lain yang belum melaksanakan.
“PABPDSI merupakan rumah besar BPD sebagai wadah aspirasi dan perjuangan untuk Hak dan Kewajiban BPD seluruh Indonesia, termasuk harapan dan aspirasi yang disampikan Ketua PK PABPDSI Kecamatan Pamarican. Kami pengurus Daerah Kabupaten Ciamis siap berjuang Bersama sama untuk kajian UU ke BPD an dan Kesejahteraan BPD sampai ke Tingkat Pusat sebagai apa tadi yang disampaikan Ketua PK PABPDSI Pamarican” Jawab Askar. Sementara itu Abdulah Askar berpesan sesusai dengan amanat dari Ketua Umum PABPDSI bahwasanya perjuangan PABPDSI akan dilakukan secara elegan dengan melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah tanpa mengkedapankan pengerahan masa berupa demonstrasi.
Disisi lain dalam sambutan Camat Kecamatan Pamarican, meberikan apresiasi dan kebanggaan kepada PABPDSI Keacamatan Pamarican telah melaksanakan kegiatan dengan Sukses dan menjadi Kecamatan yang pertama melaksanakan Deklarasi dan Pelantikan PK PABPDSI. Beliau memberikan pesan bahwa dengan adanya organisasi PABPDSI, berharap dapat menjembatani sinergisitas dan hubungan harmonis antara BPD dan Kepala Desa. “Apresiasi atas kegiatan ini serta pesan dari seluruh anggota BPD yang disampaikani Ketua PABDSI Kecamatan Pamarican kami akan laporkan kepada Pak Bupati”.***