Sidamulih.id,Dalam upaya mengembangkan potensi wisata di kab.ciamis. Komunitas “KALAKAY” The Gold Community mengunjungi wisata yang ada di desa sidamulih diantaranya wisata pasir jati,goa lalay, curug, dan situs2.. yg berada di desa sidamulih. Sabtu,12 September 2020).

Dengan Semangat nya komunitas kalakay ini, tidak henti-hentinya mempromosikan destinasi wisata yg ada di kab.ciamis walaupun mereka dengan anggaran swadaya dari anggota komunitas.

1 september 2020 lalu, kalakay menggelar lomba foto, serta mempromosikan Kampung Madu dan Gumawang Waterfall yang terletak di Desa Banjaranyar Kabupaten Ciamis.

kali ini, kalakay bersama Pokdarwis dan karang taruna desa sidamulih mengunjungi semua tempat wisata yg ada di desa sidamulih dalam upaya meningkatkan wisata yg ada di desa sidamulih.

Suherman, atau di panggil jeol sebagai ketua dari komunitas kalakay,, ini mengutarakan dalam diskusinya, ” kalau banjar anyar punya kampung madu… sidamulih ini bukan kampung lagi tapi “kota madu”… karna sidamulih juga merupakan sarangnya lebah madu hutan.. selain itu juga banyak produk2 umkm ciri khas desa sidamulih seperti gula semut,kopi jebug dll. disamping produk umkm tadi sidamulih juga mempunyai Rombongan seni kudalumping,ronggeng,dan dangdut.

intinya semua potensi yg ada di desa sidamulih harus bersama2 di kembangkan oleh semua elemen.. baik pemerintah desa,lembag2 desa, pokdarwis,karangtaruna. dan semua masyarakat desa sidamulih harus mendukung… “tuturnya.

Dalam kesempatan kali ini hadir juga kepala desa sidamulih Hadli, mengucapkan terimksih kepada komunitas kalakay, yg telah mengunjungi wisata yg ada di desa sidamulih, serta memberikan saran dan masukan untuk kemajuan destinasi wisata yg ada di desa sidamulih.

Kunjungan Komunitas Kalakay the gold community Ke Pasirjati ground hill

Endin, Sebagai pengelola sekaligus ketua pokdarwis juga akan terus berkaya membangun kelompok sadarwisata (Pokdarwis) khusunya di wilayah desa sidamulih.. apalagi akses jalan menuju desa sidamulih sedang di perbaiki, kemungkinan tahun 2021,, bukan tidak mungkin para wisatawan asing maupun lokal akan berdatangan berkunjung ke destinasi wisata yg ada di desa sidamulih… maka dari itu semua masyrakat harus bersinergi,, membangun destinasi wisata dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. “tuturnya”. (Taryana/bob)***