Kawasan karst di desa sidamulih yang di tetapkan sebagai kawasan lindung geologi rusak karena ulah penambangan fosfat yang dilakukan oleh eks. P.T Elang mas ketika dilakukan peninjauan oleh tim SKPD Kab.Ciamis (Rabu, 16 oktober 2019)

Kawasan karst memiliki potensi, manfaat yang sangat penting bagi ekosistem dan manusia. Potensi itu antara lain sebagai daerah tangkapan dan penampungan air, habitat berbagai satwa khas yang unik dengan berbagai perannya bagi ekosistem dan manusia, serta sebagai lokasi wisata alam, budaya dan ilmiah.

Beberapa diantaranya kawasan karst didesa sidamulih dulunya terdapat banyak gua-gua seperti gua bandung, gua angin dan banyak lagi gua lain nya yg kini tinggal cerita.

Kawsan Karst yang sangat berperan bagi pengendalian hama pertanian maupun penyerbukan berbagai jenis tanaman. Karena didalam gua tersebut menjadi sarang kelelawar dan burung walet sehingga masyarakat desa sidamulih sering memanfaatkan kotoran tersebut untuk pupuk dengan kaya kandungan tinggi.

Ketua tim SKPD Drs. H. Endang Sutrisna menolak kawasan karst terus di rusak atas nama kebutuhan semen / fosfat untuk bahan pembangunan selain itu juga menyeruka kepada seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama melawan perusakan kawasan karst khususnya di wilayah desa sidamulih “tuturnya”.(yanz)***