Sidamuli.desa.id, Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Pamarican Selengarakan acara Loka Karya Website Desa dan system Informasi Desa (SID) di Aula Kecamatan Pamarican senin (26/11).

Acara tersebut dihadiri oleh para kepala Desa, BPD dan sekdes Sekecamatan pamarican,beserta undangan lainnya dengan narasumber dari Komunitas Desa Desa Melek IT (DedemIT).

Tim PID Kecamatan Pamarican, Nandang MJ mengatakan lokakarya ini didasari dengan adanya tuntutan dari masyarakat untuk mewujudkan keterbukaan informasi public.

Jaman sekarang Desa dituntut untuk melek IT karena kalau tidak akan ketinggalan informasi, juga didorong oleh kebutuhan maysarakat akan pelayanana public dari para perangkat desa cepat,dan tepat.

“untuk mewujudkannya desa diwajibkan mempunyai Website sendiri yang sesuai dengan Permenkominfo No 5 Tahun 2015 Tentang Registrar Nama Domain Instansi Penyelenggara Negara  untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan didesa juga dapat mepromosikan potensi desa ke hayalak, sedangkan untuk pelayanan public di butukan aplikasi yang berupa Sistem Informasi Desa (SID)”. Katanya.

Perjalan agar desa dapat mempunyai website resmi  dengan domain desa.id tidaklah mudah, tahapan demi tahapan terus ditempuh oleh pegiat Gerakan Desa Membangun(GDM) dan yag dari Ciamis yaitu DedemIT.

“Setelah lahirnya UU desa no 06 tahun 2014 Desa diberi kewenangan meliputi kewenangan di bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan Pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan adat istiadat Desa, Pasal 86 UU no 06 tahun 2014 tentang desa desa diberi beberapa hak seperti di ayat (1) Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, ayat (2) Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan, ayat (3) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia, ayat (4) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan, serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan,ayat (5) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikelola oleh Pemerintah Desa dan dapat diakses oleh masyarakat Desa dan semua pemangku kepentingan, ayat (6) Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota menyediakan informasi perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota untuk Desa”. Kata Juniar sundara dari Pegiat DedemIT Ciamis.

Beberapa Desa di Ciamis Khususnya di Kecamatan Pamarican sudah mempunyai Website resmi yang di antaranya desa Sidamulih dengan sidamulih.desa.id , Desa Sukahurip sukahurip.desa.id , Desa Mekarmulya Mekarmulya.desa.id dan Desa Sidaharja sidaharja.desa.id

“Untuk memplementasikan Pasal 86 ayat (5) UU no 06 tahun 2014 tentang Desa, desa wajib memiliki media untuk mengimformasikannya kemasyarakat seperti website desa, Facebook desa, twitter desa juga sekarang yang lagi ngetren instragram khusus akun desa bukan akun kepala desa atau perangkatnya, kami dari tim DedemIT siap mempasilitasi pembuatan Website desa dan juga pebuatan profil desa yang berbentuk visual, selain itu kami juga dapat mempasilitasi pemetaan wilayah desa dengan menggunakan pesawat tampa awak (drone), punkasnya (man,)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *