Sidamulih.id: Di Sidamulih harga kelapa butiran ditingkat petani diketahui menrun tajam, penurunan tersebut bahkan terjadi dua bulan belakangan ini, kondisi ini tentu saja membuat petani kelapa di sidamulih menjerit.
Sejumlah petani di Desa Sidamulih tadi siang menuturkan, harga kelapa butiran saat ini sangat murah, berkisar RP. 600-1000 per butir ditingkat petani untuk kelapa yang belum dikupas dan yang masih diatas pohon sedangkan kalau dikupas dan sudah di bawah beda harganya paling dua ratus rupiah per butir.
Sebelumnya bulan-bulan kebelakang harga kelapa butiran di tingkat petani mencapai Rp. 2500-3000 per butir, “kami tidak tahu apa yang menyebabkan harga kelapa butiran menurun tajam, karena katanya banrangnya banyak ujar Ajum petani yang biasa menjual kelapa”, sabtu(23/06).
Penurunan harga kelapa butiran tersebut menurutnya sangat berpengaruh dengan pendapatannya sebagai petani kelapa, biasanya satu kali panen cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga perbulannya, kini hasilnya hanya cukup untuk beberapa hari saja.
Anjloknya harga kelapa butiran ditingkat petani dalam bulan-bulan ini dibenarkan oleh Iwa Kartiwa, seorang pengepul kelapa butiran di Desa Sidamulih dusun Karanganyar, menurutnya harga kelapa butiran menurun tajam karena kebanjiran barang dan permintaan dari kota pun harganya bersaing banyak kelapa yang dari luar jawa yaitu sumatera.
Lagipula yang laku dijual buah kelapa yang besar-besar dan kulitnya kering berwarna coklat sedangkan yang kecil, tidak laku dijual sehingga hanya dijadikan kopra, tuturnya yang mengaku stok kelapa di losnya melimpah. (Manda)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *