pohon turubuk 1

Sayur turubuk menghebohkan peserta Workshop Pemetaan Partisipatif dengan Drone. Hampir seluruh peserta yang berasal dari Banyumas, Cilacap, dan Pemalang belum pernah mencoba kuliner khas Sidamulih. Sukarni (30), salah satu peserta dari Gerakan Desa Membangun (GDM) Banyumas penasaran dengan sayur turubuk. Pertama mencicipi sayur yang memiliki nama latin Saccharum edule Hasskarl ini, ia tidak bisa mengidentifikasi sayur tersebut.

“Sayur turubuk itu menggoda selera. Ketika dimakan sensasinya luar biasa. Saya menjadi penasaran,” ujarnya.

Turubuk sejenis sayuran yang berasal dari tumbuhan seperti tebu. Bagian yang dapat dikonsumsi adalah bagian bunga yang terbungkus oleh pelepah daun. Turubuk mengandung nutrisi dan zat-zat yang baik bagi tubuh. Kandungan mineralnya cukup tinggi terutama kandungan kalsium dan fosfor. Kandungan lain adalah karbohidrat dan zat besi yang cukup tinggi.

Turubuk tumbuh baik di daerah pegunungan. Tanaman ini mudah dibudidayakan karena tidak memerlukan banyak air. Turubuk dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti perkedel, sayur lodeh, sayur asem, turubuk bakar, bahkan dimakan mentah.

Turubuk Siap Olah

Turubuk sangat popular di Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Banyak masyarakat yang membudidayakan turubuk. Biasanya petani turubuk menjual hasil panennya ke tengkulak yang akan menjualnya ke pasar-pasar tradisional di sekitar Kecamatan Pamarican dan Banjar Patroman. Pembeli bisa langsung membeli turubuk kepada petani di Desa Sidamulih. (Man lgm/ tita)

Sayur Turubuk, Kuliner Khas Sidamulih

12 thoughts on “Sayur Turubuk, Kuliner Khas Sidamulih

  • April 23, 2015 at 13:08
    Permalink

    Penasaran dengan turubuk, mungkin di Banyumas ada pohon tersebut tapi tidak dibudidayakan dibiarkan tumbuh liar bahkan dibuang karena tidak tau manfaatnya dan pengolahannya.

    Reply
  • Mei 19, 2015 at 05:02
    Permalink

    Pulang dari Sidamulih, dibawain terubuk satu kerdus.. yeay, mau nyoba diolah jadi lauk..

    Reply
    • September 5, 2015 at 07:05
      Permalink

      Lagi gak ada mas, kemarau!!!

      Reply
  • September 5, 2015 at 06:33
    Permalink

    Cara lain mengolah turubuk cobek ala Chef Aji: 4 biji turubuk Segar masih terbungkus dibakar, siapin bumbu : cabe rawit 5 biji, kencur, sedikit jahe, terasi udang bakar dan garam secukupnya. semua bumbu diuleg halus dan dikasih air. Bakar turubuk dibuka, dagingnya dimemarkan dan dimasukin kedalam bumbu cobek. Selamat menikmati

    Reply
  • September 5, 2015 at 06:52
    Permalink

    itu sayuran yang enak banget, bikin nafsu makan kalap, terlebih digulai bumbu kuning. yummy

    Reply
  • September 5, 2015 at 07:11
    Permalink

    Jadi penasaran pengen nyobain, kok pohonnya sekilas seperti sejenis rumput gajah

    Reply
    • September 7, 2015 at 08:12
      Permalink

      Gak dikasih getu dulu mas yosi bawa hehe…

      Reply
  • September 5, 2015 at 13:06
    Permalink

    Sayur apa itu? Penasaran… apakah bisa menyaingi genjer? 🙂

    Reply
  • September 6, 2015 at 01:01
    Permalink

    Cara inyong Endog tebu,,,, ( telor tebu )
    Enak loh,,,,,,
    Walaupun termasuk kedalam sayuran “kampung” terubuk kaya akan nutrisi dan zat-zat yang baik bagi tubuh. Terubuk banyak mengandung mineral terutama kalsium dan fosfor, disamping vitamin C. Dalam 100g bunga terubuk segar mengandung air 89 g, protein 3.8-4.1 g, karbohidrat 6.9-7.6 g, serat 0.7 g, Ca 10 mg, Fe 0.4-2 mg, fosfor 80 mg, vitamin C 21 mg dengan total energi sebesar 143-160 kJ/100 g.(kopas)

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *