sidamulih.desa.id,Kegiatan penyuluhan kepada masyarakat di wilayah Desa Sidamulih bukanlah kegiatan yang asing bagi mereka namun lain halnya dengan Paluma yang sedang gencar ke sekian kalinya mengadakan penyuluhan di beberapa tempat di Desa Sidamulih.desa yang merupakan  proyek percobaan di Kabupaten Ciamis yaitu desa bangunsari dan sidamulih.

IMG20170415133739

LSM paluma lebih memasyarakat, berorientasi untuk masyarakat, menjadi jembatan penghubung antara masyarakat dengan pemerintah, wadah penampung aspirasi masyarakat, memberi solusi-solusi kepada masyarakat dll karena paluma memiliki motto “semua terlibat semua berdaya”. Setiap kali menyelenggarakan kegiatan penyuluhan di desa sidamulih paluma selalu melibatkan semua relawan di desa sidamulih sehingga dapat menjadi pembeda dengan LSM lainnya.

IMG20170415133658

Penyuluhan tentang Mitigasi Bencana ini dilangsungkan pada hari sabtu (15/4) di RW 08 yang mencakup tiga RT yaitu RT 25,26 dan RT 33 ini dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari kalangan muda, tokoh masyarakat, dan lansia dihadiri pula oleh media warga dan kepala desa. Acara berlangsung lancar, peserta kegiatan sangat antusias karena panitia menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh peserta yang tidak semuanya bisa menyerap bahasa indonesia. Tita(22) salah satu peserta menuturkan “kegiatan penyuluhan sangat menarik selain bisa menambah wawasan tentang risiko kebencanaan juga merupakan panduan dan pedoman penyelamatan diri ketika kita menghadapi bencana alam. Kita dibekali pemahaman tentang tata cara penyelamatan diri sehingga angka kerugian akibat bencana dapat diminimalisir. karena pentingnya kegiatan ini Aman(44) selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan “kegiatan ini sangatlah penting selain memberikan wawasan kepada warga juga sebagai bentuk usaha mengurangi resiko bencana karena secara umum warga belum mengetahui secara luas tentang resiko bencana,  kedepannya warga diharapkan bisa mempelajari lebih lanjut dan bisa mengaplikasikannya ketika warga dihadapkan dengan bencana”.

Dukungan pemerintah desa pun sangat besar terhadap kegiatan paluma ini dibuktikan dengan setiap ada kegiatan kepala desa sidamulih selalu datang  mengadiri dan pemerintah desa sidamulih diharapkan mendukung sepenuhnya kepada LSPM paluma untuk bersama-sama menuju Desa Sidamulih yang kuat dan tangguh. (darsu)

RELAWAN PALUMA SELENGGARAKAN PENYULUHAN MITIGASI BENCANA

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *